Flyer Fakultas Teknologi Informasi_page-0001
Flyer FTI D3-3_page-0001

Mau Berkarir di Bidang IT atau Ingin Membangun Perusahaan Startup Sendiri?

Kuliah di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur

Wujudkan impian kamu untuk memasuki industri digital dan teknologi informasi masa kini, dengan Program Studi;
  1. S2 – MAGISTER ILMU KOMPUTER
  2. S1 – TEKNIK INFORMATIKA
  3. S1 – SISTEM INFORMASI
  4. S1 – SISTEM KOMPUTER
  5. D3 Unggulan – MANAJEMEN INFORMATIKA
  6. D3 Unggulan – KOMPUTERISASI AKUNTANSI
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS BUDI LUHUR MEMILIKI JALUR PEMINATAN/KONSENTRASI:

KONSENTRASI/PEMINATAN (S2) MAGISTER ILMU KOMPUTER

Adapun konsentrasi/peminatan (S2) Magister Ilmu Komputer yang tersedia adalah :

  1. Teknologi Sistem Informasi.
  2. Rekayasa Komputasi Terapan.

Pada era globalisasi saat ini, dimana AFTA sudah diberlakukan, salah satu keunggulan kompetitif yang harus dimiliki oleh suatu intansi/perusahaan adalah kemampuan untuk menyiapkan dan memiliki informasi yang cepat dan akurat. Kemampuan tersebut tentunya harus dipersiapkan dan dikelola oleh sumber daya manusia yang handal. Berdasarkan kebutuhan akan SDM yang handal di bidang teknologi komunikasi, media dan informatika (telematika) serta dalam rangka percepatan pendayagunaan teknologi telematika sesuai dengan hasil sidang World Summit on The Information Society (WSIS), maka Universitas Budi Luhur menyelenggarakan program Magister Ilmu Komputer (S2) untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas dan kompeten dalam mempersiapkan, membangun dan mengelola sistem informasi perusahaan.

Kurikulum MKom disusun secara terstruktur dan disesuaikan dengan kebutuhan industri dan bisnis di Indonesia, khususnya dengan muatan lokal berupa materi dibidang ilmu komputer dan teknologi informasi dan komunikasi. Kurikulum juga disusun berdasarkan acuan dari kurikulum nasional. Para lulusan dipersiapkan untuk mampu berkarir di bidang : Pengembangan dan Pengelolaan E-Commerce, Konsultasi dan Integrasi System, Infrastruktur Jaringan dan Komunikasi, Pengembangan Software. Pengelolaan Sumber Daya Sistem Informasi.

 

KONSENTRASI/PEMINATAN (S1) TEKNIK INFORMATIKA

Adapun konsentrasi/peminatan (S1) Teknik Informatika yang tersedia adalah :

  1. Artificial Intelligent
  2. Cyber Security
  3. Programming Expert

Dengan detail sebagai berikut:

ARTIFICIAL INTELLIGENT

Otomatisasi digunakan untuk mempercepat jalannya proses bisnis. Keahlian pengembangan kecerdasan buatan seperti Chat Bot sangat dibutuhkan di era industri 4.0.
Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Berbagai teknik dan bahasa pemrograman yang siap diimplementasikan pada pengembangan kecerdasan tiruan.

Prospek Karir:

AI Developer, Software Developer, IT Consultant, IT Program/Project Manager, Computer Programmers, Game Developer.

CYBER SECURITY

Saat ini hampir segala lini kehidupan masyarakat bergantung pada teknologi. Keahlian sebagai Cyber Security sangat dibutuhkan oleh perusahaan diberbagai bidang untuk keperluan Cyber Defense terutama pertahanan di dunia maya.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Konfigurasi jaringan komputer berserta eksplorasi berbagai ancaman di dunia maya, serta praktek pembetukan sistem pertahanannnya dan pengelolaan jaringan yang aman.

Prospek Karir:

Network Engineer, Computer Forensic Investigator, System Administrator, Database Administrator, Security Specialist.

PROGRAMMING EXPERT

Bebagai perusahaan dan startup masa kini membutuhkan programmer handal untuk menjadi core utama dari proses pelaksanaan bisnisnisnya, sebut saja unicorn seperti Gojek, Tokopedia dan Traveloka yang sukses berkat banyak programmer dibelakangnya.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Berbagai teknik dan bahasa pemrograman yang siap diimplementasikan pada pengembangan sistem, aplikasi dan kecerdasan tiruan yang di butuhkan di era industri 4.0.

Prospek Karir:

Software Developer, Web Developer, IT Consultant, IT Program/Project Manager, Computer Programmers, Mobile Application Developer, Game Developer, UI/UX Designer.

 

KONSENTRASI/PEMINATAN (S1) SISTEM INFORMASI 

Adapun konsentrasi/peminatan (S1) Sistem Informasi yang tersedia adalah :

  1. Enterprise System
  2. Digitalpreneurship
  3. Data Science

Dengan detail sebagai berikut:

ENTERPRISE SYSTEM

Keahlian membangun sistem informasi sangat penting bagi perusahaan dari skala kecil hingga enterprise, mulai dari perencanaan, analisa kondisi saat ini, analisa kebutuhan, analisa sistem yang akan datang, implementasi, testing dan maintenance, semua dipelajari dalam konsentrasi Sistem Enterprise.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, Manajemen Rantai Persediaan, Customer Relationship Management, Pengadaan Secara Elektronik, Kecerdasan Bisnis.

Prospek Karir: 

Software Developer Expert (Web/Mobile/Desktop), System Analyst.

DIGITALPRENEURSHIP

Perkembangan teknologi turut serta memanjukan bisnis dan perniagaan secara online, kuasai teknik seperti merancang bangun sistem informasi perdagangan berbasis elektronik/internet (e-commerce), serta proses marketing dan periklanannya dengan menggunakan multichannel/social media dan jadi enterpreneur dalam konsentrasi Digitalpreneurship.
Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Cyberpreneurship, Rekayasa Web, Optimasi Mesin Pencari, E-Commerce, Media Sosial dan Periklanan Digital.

Prospek Karir:

Technopreneur/Digitalpreneur, Search Engine Optimization (SEO) Specialist, Startup Founder.

DATA SCIENCE

Di era teknologi informasi, data menjadi hal yang sangat penting. Dengan memiliki keahlian menganalisis, memvisualisasikan dan mengolah data, dapat membantu perusahaan untuk perbaikan proses dalam pengambilan keputusan.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Big Data Analytic, Data Visualization, Data Modeling, Data Engineering, Teknologi dan Management Big Data (Hadoop).

Prospek Karir:

Data Scientist, Data Data Analyst.

 

KONSENTRASI/PEMINATAN (S1) SISTEM KOMPUTER 

Adapun konsentrasi/peminatan (S1) Sistem Komputer yang tersedia adalah :

  1. Internet of Things
  2. Robotics

Dengan detail sebagai berikut:

INTERNET OF THINGS

Dalam konsentrasi Internet Of Things mahasiswa akan mempelajari perangkat keras (hardware programming) dan pemrograman perangkat lunak (software programming) yang berhubungan dengan sistem cerdas seperti perangkat android dan Arduino. Dengan mengintegrasikan antara perangkat sistem cerdas, computer dan perangkat sistem komunikasi, semua hal – hal yang terjadi disekitar kita dapat diketahui secara pasti dan dapat dikedandalikan dengan baik.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Basic Programming and Advanced Programming, Database Systems, Data Mining Basic for Intellegent Space, Microprocessor and System On Chip, Digital Systems, Basic Electronics and Advanced Electronics, Mobile Programming, Hardware Interface, Data Acquisition Systems, Knowlwdge Based Systems, Sensor Technology, Wireless Sensor Network, Robotic Systems, Sistem Otomasi pada Industri, Integrated Automation Digital System Network [Internet of Things].

Prospek Karir:

Internet of Things (IoT) Engineer, Industrial Control Engineer, Computer Network Architect and Analyst.

ROBOTICS

Dimasa depan robot akan mempermudah segala aktivitas manusia. Pemahaman dan keahlian dalam mengembangkan sistem robotik akan menjadi daya saing tersendiri di era industri 4.0.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Basic Programming and Advanced Programming, Robotic Systems, Microprocessor and System On Chip, Digital Systems, Basic Electronics and Advanced Electronics, Embedded Systems, Mobile Programming, Hardware Interface, Data Acquisition Systems, Knowlwdge Based Systems, Sensor Technology, Wireless Sensor Network, Sistem Otomasi pada Industri, Integrated Automation Digital System Network [Internet of Things].

Prospek Karir:

Robotics, Smart System & Automation Engineer.

 

KONSENTRASI/PEMINATAN (D3) UNGGULAN MANAJEMEN INFORMATIKA 

Adapun konsentrasi/peminatan (D3 Unggulan) Manajemen Informatika yang tersedia adalah :

  1. Network Engineering
  2. Interactive Digital Design

Dengan detail sebagai berikut:

NETWORK ENGINEERING

Di era semua hal serba terhubung, memiliki kemampuan mengaplikasikan rekayasa dan administrasi jaringan menjadi kompetensi yang dicari berbagai perusahaan.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Pengaplikasian sistem komputer, instalasi, konfigurasi, perawatan dan perbaikan infrastruktur jaringan, pemahaman tentang keamanan jaringan pemahaman tentang kominukasi optik, WAN dll.

Prospek Karir:

Network Administrator, Network designer, IT Support Admin Security, Malware Analyst, Digital Forensic, Database Administrator.

INTERACTIVE DIGITAL DESIGN

Dampak dari penggunaan internet secara global adalah peningkatan kebutuhan perusahaan untuk megemas dan menghasilkan konten visual sebagai sarana promosi produk atau jasa ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya menarik, konten promosi di era industri 4.0 juga imersif, dengan mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital atau dunia simulasi, sehingga penggunanya bisa merasakan pengalaman yang nyata.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Graphic Design, Interactive Design, Video Editing, Web Design, UIUX Design, Game Design, Visual Effect, 3D Object Modeling.

Prospek Karir:

Digital Graphic Designer (New Media), Ilustrator, Animator, Video Editor, Web Designer, UI/UX Designer, Video Game Designer, Visual Effect Compositor, Virtual Reality 3D Artist.

 

KONSENTRASI/PEMINATAN (D3) UNGGULAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM

D3 Komputerisasi Akuntansi sangat mengutamakan peningkatan kualitas lulusan dan layanan kepada mahasiswa melalui metode pembelajaran student centric, didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi (e-learning, sistem informasi mahasiswa, sistem administrasi), kualitas tenaga pendidik yang diakui (tersertifikasi dosen dan praktisi industri), dan ketersediaan sarana-prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa. Dengan fokus kompetensi lulusan di bidang informatika, khususnya pada komputerisasi akuntansi, lulusan dapat langsung mengimplementasikan keahlian yang didapatkan di dunia kerja.

Matakuliah peminatan yang dipelajari:

Mengotomasikan proses akuntansi, menggunakan soware aplikasi sistem informasi akuntansi yang umum digunakan di dunia kerja, atau mengembangkan sendiri solusi sistem informasi akuntansi sesuai kebutuhan organisasi.

Prospek Karir:

Accounting profesional yang memanfaatkan sistem informasi akuntansi dalam melaksanakan proses siklus akuntansi, Programmer/developer bidang sistem informasi akuntansi, Programmer/developer aplikasi berbasis web, Database operator/administrator, It support.